Browse By

Faktor yang Membuat Perut Lapar Walaupun Telah Makan

Bagikan Agar Tak Lupa!

Update!!! keluaran Acai berry 100% ASLI dari PT Adonai Perkasa, terbaru TERBARU mulai desember 2016 Seperti ini.... >> Klik Disini <<
Ilustrasi Lapar

Ilustrasi Lapar

Rasa lapar tidak selalu terjadi karena tubuh manusia membutuhkan energi dan nutrisi. Beberapa Faktor yang Membuat Perut Lapar meskipun tubuh telah menerima asupan energi dan kalori yang cukup. 7 faktor inilah yang membuat lapar seperti dikutip dari Womansday dan pahami rasa lapar mana yang sebenarnya.

1. Kekurangan tidur di Malam Hari
Tubuh yang kurang tidur akan kehilangan energi dan membuat bingung hormon nafsu makan. Akhirnya tubuh merasa lapar berlebihan dan rasa ingin makan pagi harinya meningkat. tidur yang cukup selama 8 jam menjadi cara untuk mengurangi rasa ingin makan berlebihan. Juru bicara American Dietetic Association Karen Ansel, RD mengatakan bahwa tubuh yang kekurangan energi, tingkat leptin (hormon yang diproduksi sel lemak untuk pengontrol nafsu makan) akan menurun, dan tingkat gherlin (hormon yang memicu nafsu makan) akan meningkat.

2. Menggunakan Obat-obatan
Setelah minum antiobiotik untuk reaksi alergi, radang sendi, batuk/jerawat dan kemudian merasa lapar, maka itulah penyebabnya. Obat jenis steroid ringan seperti prednisone atau corticosteroid akan memicu lapar yang berlebihan. Pemilik One Source Nutrition Milton Stokes, RD mengatakan bila sebelum minum obat telah makan dengan porsi normal maka lapar yang ditimbulkan sesudahnya dapat diabaikan. Dapat mengalihkan rasa lapar dengan mengunyah permen karet, segelas kecil kopi hangat ataupun dengan menggosok gigi.

3. Dehidrasi
Tubuh merasakan gejala yang hampir sama saat merasakan dehidrasi atau saat lapar yaitu merasa ngantuk dan tubuh lemas. Kondisi ini membuat kita berpikir untuk makan agar menaikkan energi di dalam tubuh. Jika merasakan haus maka mulut akan kering dan terasa lapar. Sebelum makan jika merasakan lapar, sebaiknya minum 1 gelas air putih/segelas teh herbal. Tunggulah 10 menit, apabila rasa lapar telah hilang itu artinya tubuh kita hanya membutuhkan cairan.

4. Setelah Olahraga
Selesai melakukan olahraga keras seperti latihan spinning atau interval, biasanya menimbulkan rasa lapar. Tetapi hal ini tidak berarti tubuh kita memerlukan banyak kalori. Konsultan nutrisi dan diet Marissa Lipper, RD, di New York City berpendapat bahwa rasa lapar datang sebagai sinyal kalau tubuh manusia memerlukan nutrisi yang cukup.

5. Ada yang Makan di Dekat Kita
Penelitian dari Duke University dan Arizona State University menyatakan jika wanita sering ikut kebiasaan makan teman dekatnya. Saat ada satu yang makan maka orang lain yang bersamanya ingin ikut makan juga. Jadi bila ada teman yang makan sebaiknya Anda segera pindah atau jalan-jalan sebentar. Jangan mengikuti keinginan agar makan atau mencoba makanan tersebut.

6. Melihat atau Terhirup Aroma Makanan
Saat melihat makanan walau dari gambar, iklan/TV dapat menimbulkan hasrat makan. Mencium bau roti juga dapat menimbulkan rasa lapar. Sebaiknya segera menjauh atau melihat program TV lainnya agar rasa lapar tidak muncul.

7. Stres
Ketika sedang stress maka tubuh bisa menjadi gemuk. Beberapa penelitian menyatakan bawa jika orang yang mengalami stres akan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, manis dan asin. Penyebab rasa ingin makan menggila karena adanya hormone cortisol dan insulindi dalam tubuh. Apabila sedang stres, cobalah untuk segera menjernihkan pikiran dan mengatasinya. (chy)

Bagikan Agar Tak Lupa!

Leave a Reply

shares